Piagam Madinah
(Bahasa
Arab: صحیفة المدینه, shahifatul madinah) juga dikenal dengan
sebutan
Konstitusi Madinah,
ialah sebuah dokumen yang disusun oleh Nabi Muhammad SAW, yang merupakan
suatu perjanjian formal antara dirinya dengan semua suku-suku dan kaum-kaum
penting di Yathrib (kemudian bernama Madinah) pada tahun 622 Masehi.
Dokumen tersebut disusun sejelas-jelasnya
dengan tujuan utama untuk menghentikan pertentangan sengit antara Bani
‘Aus dan Bani Khazraj di Madinah. Untuk itu dokumen tersebut menetapkan
sejumlah hak-hak dan kewajiban-kewajiban bagi kaum Muslim,
kaum Yahudi, dan komunitas penyembah berhala di Madinah; sehingga membuat
mereka menjadi suatu kesatuan komunitas, yang dalam bahasa Arab disebut ummah.
Piagam Madinah terdiri dari 47 pasal yang
terdiri dari hal Mukaddimah,dilanjutkan oleh hal-hal seputar Pembentukan umat,
Persatuan seagama, Persatuan segenap warga negara, Golongan minoritas, Tugas
Warga Negara, Perlindungan Negara, Pimpinan Negara, Politik Perdamaian dan
penutup.
Disinilah kita bisa melihat peran dan fungsi
Muhammad sebagai seorang negarawan sekaligus seorang pemimpin negara yang besar
dan berkualitas sepanjang sejarah peradaban manusia, disamping posisi beliau
selaku seorang Nabi dan Rasul secara keagamaan.
Berikut isinya, lengkap dengan teks asli berbahasa Arab :
صحيفة المدينة
(Piagam Madinah)
(Piagam Madinah)
بسم
الله الرحمن الرحيم
هذا
كتاب من محمد النبي صلىالله عليه وسلم بين المؤمنين والمسلمين من قريش ويثرب ومن
تبعهم فلحق بهم وجاهد معهم.
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,
Ini adalah piagam dari Muhammad Rasulullah
SAW, di kalangan mukminin dan muslimin (yang berasal dari) Quraisy dan
Yatsrib (Madinah), dan yang mengikuti mereka, menggabungkan diri dan berjuang
bersama mereka.
١. انهم امة واحدة من دون الناس.
Pasal 1
Sesungguhnya mereka satu umat, lain dari
(komuitas) manusia lain.
٢. المهاجرون من قر يش على
ربعتهم يتعاقلون بينهم اخذالدية واعطائها وهم يفدون عانيهم بالمعروف والقسط بين
المؤمنين
Pasal 2
Kaum muhajirin dari Quraisy sesuai keadaan
(kebiasaan) mereka bahu membahu membayar diat di antara mereka dan mereka
membayar tebusan tawanan dengan cara baik dan adil di antara mukminin.
٣. وبنوعوف على ربعتهم يتعاقلون
معاقلهم الاولى وكل طائفة تفدى عانيها بالمعروف والقسط بين المؤمنين
Pasal 3
Banu Auf sesuai dengan keadaan (kebiasaan)
mereka bahu membahu membayar diat di antara mereka seperti semula, dan setiap
suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan adil di antara mukminin.
٤. وبنوساعدة علىربعتهم
يتعاقلون معاقلهم الاولى وكل طائفة منهم تفدى عانيها بالمعروف والقسط بين المؤمنين
Pasal 4
Banu Sa’idah sesuai dengan keadaan
(kebiasaan) mereka bahu membahu membayar diat di antara mereka seperti semula,
dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan adil di antara
mukminin.
٥. وبنو الحرث على ربعتهم
يتعاقلون الاولى وكل طائفة منهم تفدى عانيها بالمعروف والقسط بين المؤمنين
Pasal 5
Banu Al-Hars sesuai dengan keadaan
(kebiasaan) mereka bahu membahu membayar diat di antara mereka seperti semula,
dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan adil di antara
mukminin.
٦. وبنوجشم علىربعتهم يتعاقلون
معاقلهم الاولى وكل طائفة منهم تفدى عانيها بالمعروف والقسط بين المؤمنين
Pasal 6
Banu Jusyam sesuai dengan keadaan (kebiasaan) mereka bahu
membahu membayar diat di antara mereka seperti semula, dan setiap suku membayar
tebusan tawanan dengan baik dan adil di antara mukminin.
٧. وبنو النجار علىربعتهم
يتعاقلون معاقلهم الاولى وكل طائفة منهم تفدى عانيها بالمعروف والقسط بين المؤمنين
Pasal 7
Banu An-Najjar sesuai dengan keadaan
(kebiasaan) mereka bahu membahu membayar diat di antara mereka seperti semula,
dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan adil di antara
mukminin.
٨. وبنو عمرو بن عوف علىربعتهم
يتعاقلون معاقلهم الاولى وكل طائفة منهم تفدى عانيها بالمعروف والقسط بين المؤمنين
Pasal 8
Banu ‘Amr bin ‘Awf sesuai dengan keadaan
(kebiasaan) mereka bahu membahu membayar diat di antara mereka seperti semula,
dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan adil di antara
mukminin.
٩. وبنو النبيت علىربعتهم
يتعاقلون معاقلهم الاولى وكل طائفة منهم تفدى عانيها بالمعروف والقسط بين المؤمنين
Pasal 9
Banu Al-Nabit sesuai dengan keadaan
(kebiasaan) mereka bahu membahu membayar diat di antara mereka seperti semula,
dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan adil di antara
mukminin.
١٠. وبنو الاوس علىربعتهم يتعاقلون
معاقلهم الاولى وكل طائفة منهم تفدى عانيها بالمعروف والقسط بين المؤمنين
Pasal 10
Banu Al-‘Aws sesuai dengan keadaan (kebiasaan) mereka
bahu membahu membayar diat di antara mereka seperti semula, dan setiap suku
membayar tebusan tawanan dengan baik dan adil di antara mukminin.
١١. وان المؤمنين لايتركون مفرجا
بينهم ان يعطوه بالمعروف فى فداء اوعقل.
Pasal 11
Sesungguhnya mukminin tidak boleh membiarkan
orang yang berat menanggung utang diantara mereka tetapi membantunya dengan
baik dalam poembayaran tebusan atau diat.
١٢. ولا يحالـف مؤمن مولى مؤمن
دونه.
Pasal 12
Seorang mukmin tidak diperbolehkan membuat
persekutuan dengan sekutu mukmin lainnya tanpa persetujuan dari padanya.
١٣. وان المؤمنين المتقين على من
بغى منهم او ابتغى د سيعة ظلم اة اثم اوعدوان او فساد بين المؤمنين وان ايديهم
عليه جميعا ولو كان ولد احدهم.
Pasal 13
Orang-orang mukmin yang taqwa harus menentang
orangyang diantara mereka mencari atau menuntut sesuatu secara zalim , jahat,
melakukan permusuhan atau kerusakan di kalangan mukminin. Kekuatan mereka
bersatu dalam menentangnya, sekalipun ia anak dari salah seorang di antara
mereka.
١٤. ولا يقتل مؤمن مؤمنا فى كافر
ولا ينصر كافرا على مؤمن.
Pasal 14
Seorang mukmin tidak boleh membunuh orang
beriman lainnya lantaran membunuh orang kafir. Tidak boleh pula orang beriman
membantu orang kafir untuk (membunuh) orang beriman.
١٥. وان ذمة الله واحدة يحيد
عليهم اد ناهم وان المؤمنين يعضهم موالي بعض دون الناس.
Pasal 15
Jaminan Allah satu. Jaminan (perlindungan)
diberikan oleh mereka yang dekat. Sesungguhnya mukminin itu saling membantu,
tidak bergantung kepada golongan lain.
١٦. وانه من تبعنا من يهود فان
له النصر والاسوة غير مظلومين ولا متناصر عليهم.
Pasal 16
Sesungguhnya orang Yahudi yang mengikuti kita
berhak atas pertolongan dan santunan, sepanjang (mukminin) tidak terzalimi dan
ditentang olehnya.
١٧. وان سلم المؤمنين واحدة لا
يسالم مؤمن دون مؤمن في قتال في سبيل الله الا على سواء وعدل بينهم.
Pasal 17
Perdamaian mukminin adalah satu. Seorang
mukmin tidak boleh membuat perdamaian tanpa ikut serta mukmin lainnya di dalam
suatu peperangan di jalan Allah, kecuali atas dasar kesamaan dan keadilan di
antara mereka.
١٨. وان كل غازية غزت معنا يعقب
بعضها بعضا.
Pasal 18
Setiap pasukan yang berperang bersama kita
harus bahu membahu satu sama lain.
١٩. وان المؤمنين يبئ بعضهم على
بعض بـمانال دماءهم فىسبيل الله وان المؤمنين والمتقين على احسن هدى واقومه.
Pasal 19
Orang-orang mukmin itu membalas pembunuh
mukmin lainnya dalam peperangan di jalan Allah. Orang-orang beriman dan
bertakwa berada pada petunjuk yang terbaik dan lurus.
٢٠. وانه لايجير مشرك مالا لقر
يش ولانفسا ولايحول دونه على مؤمن.
Pasal 20
Orang musyrik (Yatsrib) dilarang melindungi
harta dan jiwa orang (musyrik) Quraisy, dan tidak boleh bercampur tangan
melawan orang beriman.
٢١. وانه من اعتبط مؤمنا قتلا عن
بينة فانه قودبه الا ان يرضى ولي المقتول وان المؤمنين عليه كافة ولايحل لهم
الاقيام عليه.
Pasal 21
Barang siapa yang membunuh orang beriman dan
cukup bukti atas perbuatannya, harus dihukum bunuh, kecuali wali terbunuh rela
(menerima diat). Segenap orang beriman harus bersatu dalam menghukumnya.
٢٢. وانه لا يحل لمؤمن أقر بما
فى هذه الصحيفة وآمن بالله واليوم الآخر ان ينصر محدثا ولا يـؤوية وانه من نصره او
آواه فان عليه لعنة الله وغضبه يوم القيامة ولايـؤخذ منه صرف ولاعدل.
Pasal 22
Tidak dibenarkan orang mukmin yang mengakui
piagam ini, percaya pada Allah dan Hari Akhir, untuk membantu pembunuh dan
memberi tempat kediaman kepadanya. Siapa yang memberi bantuan dan menyediakan
tempat tinggal bagi pelanggar itu, akan mendapat kutukan dari Allah pada hari
kiamat, dan tidak diterima dari padanya penyesalan dan tebusan.
٢٣. وانكم مهما اختلفتم فيه من
شيئ فان مرده الى الله عزوجل والى محمد صلى الله عليه وسلم
Pasal 23
Apabila kamu berselisih tentang sesuatu,
penyelesaiannya menurut (ketentuan) Allah Azza Wa Jalla dan (keputusan)
Muhammad SAW.
٢٤. وان اليهود ينفقون مع
المؤمنين ماد اموا محاربين
Pasal 24
Kaum Yahudi memikul biaya bersama mukminin
selama dalam peperangan.
٢٥. وان يهود بني عوف امة مع
المؤمنين لليهود دينهم وللمسلمين دينهم مواليهم وانفسهم الا من ظلم واثم فانه لا
يـوتخ الا نفسه واهل بيته.
Pasal 25
Kaum Yahudi dari Bani ‘Awf adalah satu umat
dengan mukminin. Bagi kaum Yahudi agama mereka, dan bagi kaum muslimin agama
mereka. Juga (kebebasan ini berlaku) bagi sekutu-sekutu dan diri mereka
sendiri, kecuali bagi yang zalim dan jahat. Hal demikian akan merusak diri dan
keluarga.
٢٦. وان ليهود بنى النجار مثل
ماليهود بنى عوف
Pasal 26
Kaum Yahudi Banu Najjar diperlakukan sama
seperti Yahudi Banu ‘Awf.
٢٧. وان ليهود بنى الحرث مثل
ماليهود بنى عوف
Pasal 27
Kaum Yahudi Banu Hars diperlakukan sama
seperti Yahudi Banu ‘Awf.
٢٨. وان ليهود بنى ساعدة مثل
ماليهود بنى عوف
Pasal 28
Kaum Yahudi Banu Sa’idah diperlakukan sama
seperti Yahudi Banu ‘Awf.
٢٩. وان ليهود بنى جشم مثل
ماليهود بنى عوف
Pasal 29
Kaum Yahudi Banu Jusyam diperlakukan sama
seperti Yahudi Banu ‘Awf.
٣٠. وان ليهود بنى الاوس مثل
ماليهود بنى عوف
Pasal 30
Kaum Yahudi Banu Al-‘Aws diperlakukan sama
seperti Yahudi Banu ‘Awf.
٣١. وان ليهود بنى ثعلبة مثل
ماليهود بنى عوف الامن ظلم واثم فانه لا يوتخ الانفسه واهل بيته.
Pasal 31
Kaum Yahudi Banu Sa’labah diperlakukan sama
seperti Yahudi Banu ‘Awf.
٣٢. وان جفنه بطن ثعلبه كأ نفسهم
Pasal 32
Kaum Yahudi Banu Jafnah dari Sa’labah
diperlakukan sama seperti Yahudi Banu ‘Awf.
٣٣. وان لبنى الشطيبة مثل
ماليهود بنى عوف وان البر دون الاثم
Pasal 33
Kaum Yahudi Banu Syutaibah diperlakukan sama
seperti Yahudi Banu ‘Awf.
٣٤. وان موالي ثعلبه كأنفسهم
Pasal 34
Sekutu-sekutu Sa’labah diperlakukan sama
seperti mereka (Banu Sa’labah).
٣٥. وان بطانة يهود كأنفسهم
Pasal 35
Kerabat Yahudi (di luar kota Madinah) sama
seperti mereka (Yahudi).
٣٦. وانه لا يخرج احدمنهم الا
باذن محمد صلىالله عليه وسلم وانه لا ينحجرعلى ثار جرح وانه من فتك فبنفسه فتك
واهل بيته الا من ظلم وان الله على ابرهذا.
Pasal 36
Tidak seorang pun dibenarkan (untuk
berperang), kecuali seizin Muhammad SAW. Ia tidak boleh dihalangi
(menuntut pembalasan) luka (yang dibuat orang lain). Siapa berbuat jahat
(membunuh), maka balasan kejahatan itu akan menimpa diri dan keluarganya,
kecuali ia teraniaya. Sesunggunya Allah sangat membenarkan ketentuan ini.
٣٧. وان على اليهود نفقتهم وعلى
المسلمين نفقتهم وان بينهم النصرعلى من حارب اهل هذه الصحيفة وان بينهم النصح
والنصيحة والبر دون الاثم وانه لم يأثم امرؤ بـحليفه وان النصر للمظلوم.
Pasal 37
Bagi kaum Yahudi ada kewajiban biaya dan bagi
mauk muslimin ada kewajiban biaya. Mereka (Yahudi dan muslimin) bantu membantu
dalam menghadapi musuh piagam ini. Mereka saling memberi saran dan nasehat.
Memenuhi janji lawan dari khianat. Seseorang tidak menanggung hukuman akibat
(kesalahan) sekutunya. Pembelaan diberikan kepada pihak yang teraniaya.
٣٨. وان اليهود ينفقون مع
المؤمنين مادا موا محاربين.
Pasal 38
Kaum Yahudi memikul bersama mukiminin selama
dalam peperangan.
٣٩. وان يثرب حرام جوفهالاهل هذه
الصحيفة.
Pasal 39
Sesungguhnya Yatsrib itu tanahnya haram
(suci) bagi warga piagam ini.
٤٠. وان الجار كالنفس غير مضار
ولااثم.
Pasal 40
Orang yang mendapat jaminan (diperlakukan)
seperti diri penjamin, sepanjang tidak bertindak merugikan dan tidak khianat.
٤١. وانه لا تجارحرمة الا باذن
اهلها
Pasal 41
Tidak boleh jaminan diberikan kecuali seizin
ahlinya.
٤٢. وانه ما كان بين اهل هذه
الصحيفة من حدث واشتجار يخاف فساده فان مرده الى الله عزوجل والى محمد صلىالله
عليه وسلم وان الله على اتقى ما فى هذه الصحيفة وابره.
Pasal 42
Bila terjadi suatu persitiwa atau
perselisihan di antara pendukung piagam ini, yang dikhawatirkan menimbulkan
bahaya, diserahkan penyelesaiannya menurut (ketentuan) Allah Azza Wa Jalla, dan
(keputusan) Muhammad SAW. Sesungguhnya Allah paling memelihara dan memandang
baik isi piagam ini.
٤٣. وانه لاتجار قريش ولا من
نصرها
Pasal 43
Sungguh tidak ada perlindungan bagi Quraisy
(Mekkah) dan juga bagi pendukung mereka.
٤٤. وان بينهم النصر على من دهم
يثرب.
Pasal 44
Mereka (pendukung piagam) bahu membahu dalam
menghadapi penyerang kota Yatsrib.
٤٥. واذا دعوا الى صلح يصالحونه (ويلبسونه) فانهم يصالحونه ويلبسونه
وانهم اذا دعوا الى مثل ذلك فانه لهم علىالمؤمنين الا من حارب فى الدين على كل
اناس حصتهم من جابنهم الذى قبلهم.
Pasal 45
Apabila mereka (pendukung piagam) diajak
berdamai dan mereka (pihak lawan) memenuhi perdamaian serta melaksankan
perdamaian itu, maka perdamaian itu harus dipatuhi. Jika mereka diajak berdamai
seperti itu, kaum mukminin wajib memenuhi ajakan dan melaksanakan perdamaian
itu, kecuali terhadap orang yang menyerang agama. Setiap orang wajib
melaksanakan (kewajiban) masing-masing sesuai tugasnya.
٤٦. وان يهود الاوس مواليهم
وانفسهم على مثل مالاهل هذه الصحيفة مع البر الحسن من اهل هذه الصحيفة وان البر
دون الاثم.
Pasal 46
Kaum Yahudi Al-‘Aws, sekutu dan diri mereka
memiliki hak dan kewajiban seperti kelompok lain pendukung piagam ini, dengan
perlakuan yang baik dan penuh dari semua pendukung piagam ini. Sesungguhnya
kebaikan (kesetiaan) itu berbeda dari kejahatan (pengkhianatan). Setiap orang
bertanggung jawab atas perbuatannya. Sesungguhnya Allah palingmembenarkan dan
memandang baik isi piagam ini.
٤٧. ولا يكسب كاسب الاعلى نفسه
وان الله على اصدق فى هذه الصحيفة وابره وانه لا يحول هذا الكتاب دون ظالم وآثم. وانه من خرج آمن ومن قعد آمن
بالمدينة الا من ظلم واثم وان الله جار لمن بر واتقى ومحمد رسول الله صلى الله
عليه وسلم
Pasal 47
Sesungguhnya piagam ini tidak membela orang
zalim dan khianat. Orang yang keluar (bepergian) aman, dan orang berada di
Madinah aman, kecuali orang yang zalim dan khianat. Allah adalah penjamin orang
yang berbuat baik dan takwa. Dan Muhammad Rasulullah SAW
مقتطف
من كتاب سيرة النبي ص.م. الجزء الـثانى ص 119-133 لابن هشام (أبى محمد عبد المـلك) المتوفى سنة 214 هـ.
Dikutip dari kitab Siratun-Nabiy saw., juz
II, halaman 119-133, karya Ibnu Hisyam (Abu Muhammad Abdul malik) wafat tahun
214 H.
[1] “Muhammad”, Encyclopedia of
Islam Online
[2] Watt. Muhammad at Medina and R. B.
Serjeant “The Constitution of Medina.” Islamic Quarterly 8
(1964) p.4.
0 comments:
Post a Comment